Total Tayangan Halaman

Rabu, 07 September 2011

Buruknya Begadang 

Kebiasaan sekarang bagi sekelompok, maupun perorangan adalah begadang.
Sebenarnya, apakah yang dimaksud begadang? Mengapa ingin begadang? Apa saja dampak dari kegiatan begadang? Mari kita ulas satu persatu.

Pertama, apakah yang dimaksud begadang? Begadang adalah suatu kegiatan yang dilakukan di saat malam hari, bila pada hewan disebut nocturnal. Ini merupakan aktivitas yang tidak baik untuk tubuh kita.

Lalu, mengapa ingin begadang? Beberapa sumber menyatakan, begadang untuk mencari suatu hal yang tak pasti, tidak bisa tidur, mata tidak bisa ngantuk, karena minum kopi, ingin bekerja malam (tidak umumnya waktu kerja). Rata-rata, begadang disebabkan oleh kebiasaan untuk tidak tidur. Padahal begadang merupakan cara jitu tubuh kita terserang penyakit.

Dan apa saja dampak dari begadang? Setelah saya membaca dan membaca, begadang mempunyai dampak yang sangat berbahaya. Mengapa begitu? Karena ini menyangkut waktu tubuh kita untuk istirahat. Mungkin pada buku-buku pelajaran kita sewaktu SMA, tidak ditemukan suatu bab yang mengenai begadang ini.
Sebenarnya, waktu malam merupakan suatu waktu dimana terjadi suatu pola pada tubuh kita. Dan ini dibagi menjadi beberapa bagian.
1. Pukul 21.00 - 23.00
Di waktu ini, tubuh kita melakukan suatu aktivitas pembuangan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh/ pembuangan racun pada bagian kelenjar getah bening yang merupakan sistem antibodi. Seharusnya, kita merelaksasi tubuh kita dengan beristirahat, berbaring. Tetapi kebanyakan, pada waktu-waktu ini masih digunakan oleh anak-anak untuk belajar, oleh orang dewasa untuk menonton televisi.
2. Pukul 21.00 - 01.00
Pada waktu ini, tetap berlangsung aktivitas tubuh yang sama seperti pada pukul 21.00-23.00. Tetapi hanya tempatnya saja yang berubah. Pada waktu ini, proses pembuangan zat-zat beracun terjadi di hati. Ini harus terjadi saat kita tidur pulas.
3. Pukul 01.00 - 03.00
Seperti yang sebelumnya pula, ini hanya berbeda tempat lagi, yaitu di empedu. Dan harus pada kondisi tidur pulas.
4. Pukul 03.00 - 05.00
Pada waktu ini, proses ini naik ke paru-paru. Dan disini biasanya terjadi batuk-batuk pula.
5. Pukul 05.00 - 07.00
Diwaktu ini, proses ini turun ke usus besar. Biasanya akan terasa ingin buang air kecil.

Marilah kita menjaga tubuh kita secara benar. Kesehatan mahal harganya. Semoga tulisan kecil ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi pembaca yang budiman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar